Jumat, 05 Agustus 2011

Haid Harus Dipancing Pil KB

Dok saya mau Tanya, kenapa yah aid saya tidak lancer, jika saya mau haid harus saya pancing dengan pil KB dahulu, apakah saya normal??
Haid yang normal jaraknya adalah 28 hari, ditambah atau dikurangi 7 hari, jadi berkisar antara 21 - 35 hari. Haid dihitung dari jarak antar hari pertama ke hari pertama haid berikutnya.
Siklus haid terjadi akibat adanya sejumlah hormon yang beredar dalam tubuh dalam suatu siklus tertentu. Siklus hormon tersebut merupakan hasil dari suatu kerjasama antara otak, kandung telur, serta kelenjar tiroid. Sehingga bila terjadi gangguan dalam peredaran hormon-hormon tersebut maka akan mengakibatkan terganggunya siklus haid.
Sebagian wanita mengalami siklus haid yang tidak lancar. Bila tidak haid untuk sedikitnya 3 bulan berturut-turut disebut amenorea. Ada yang membagi berdasarkan amenorea fisiologik (prapubertas, hamil, laktasi, pasca menopause) dan amenorea patologik (amenorea primer, amenorea sekunder).
Banyak hal yang dapat mempengaruhi peredaran hormon tersebut, hal yang cukup sering terjadi adalah stres fisik maupun emosional. Biasanya saat tubuh seseorang sedang dalam keletihan ataupun sedang mengalami masalah psikologis yang cukup berat.
Jika haid harus dipancing dengan pil KB dengan rentan waktu yang cenderung lama, sebaiknya bu Asyifa mencari tahu penyebab gangguan siklus haid tersebut agar dapat diatasi dan sistem reproduksi kembali sehat. Bu Asyifa dapat menghubungi dokter kandungan untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar