Jumat, 05 Agustus 2011

Telat Haid 1 Bulan

Assalamualaikm Dok, saya mau tanya, istri sudah telat hampir 1 bulan, setelah saya tes pakai alat kehamilan beli di apotik ternyata negativ/tidak hamil, apakah itu suatu penyakit Dok? Saya sudah menikah
11 tahun saya mengharapkan seorang anak, saya tunggu jawabannya Dok, terimakasih. Dari: 08151395xxxx

Walaikumsalam wr.wb, terlambat haid paling sering disebabkan oleh kehamilan. Tetapi pada beberapa keadaan, terlambat haid tidak berhubungan dengan kehamilan. Normalnya, seorang wanita akan mendapat haid 10 - 11 kali per tahun. Namun pada sejumlah kasus, sejumlah wanita mendapat haid lebih sedikit atau bisa terjadi 2 hingga 3 bulan sekali.
Terlambat haid disebut juga amenorea (tidak ada haid). Dikatakan amenorea jika seorang wanita tidak haid selama tiga kali berturut-turut. Selain kehamilan, ada beberapa hal yang menjadi penyebab amenorea sekunder, seperti : anoreksia, tumor otak, bulimia, menopause, kegemukan, sindroma ovarium polikistik, prolaktin tinggi, penyakit seksual, gangguan / infeksi rongga panggul, malnutrisi, olahraga berat, perokok berat, gangguan hormonal, obat KB, tumor hipofisis, bertambah/berkurangnya berat badan dengan cepat.
Perlu diingat bahwa menstruasi seringkali tidak teratur, kadang ada selang waktu beberapa bulan tidak haid, yang biasa terjadi awal mulai haid dan pada masa akan memasuki masa menopause. Dari paparan anda diatas, hal itu belum dikategorikan terjadinya gangguan haid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar