Senin, 30 Mei 2011

Cryptozoospermia

Dh,

dr. Anton yang saya hormati. Nama saya E, usia 28 tahun, sudah menikah selama 3 tahun. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan. Sekitar 1 bulan yang lalu saya analisa sperma di klinik A, dan hasil diagnosis saya menderita cryptozoospermia. Para dokter menyarankan program bayi tabung tapi saya belum punya dananya. Yang ingin saya tanyakan:
1. Apa penyebab cryptozoospermia?
2. Apa saja pemeriksaan lebih lanjut yang harus saya lakukan?
3. Bagaimana peluang untuk berhasil membuahi secara alami (peluang punya keturunan)?
Atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

Salam
E


Dear pak E,
Dari pertanyaan yg ada :
1. Cryptozoospermia adalah crypto = sembunyi, merupakah istilah bila pemeriksa tidak menemukan sperma dalam pemeriksaan dibawah mikroskop, namun setelah dilakukan sentrifuge dan di periksa peletnya dibawah mikroskop terdapat spermatozoa. Merupakan keadaan konsentrasi spermatozoa yang sangat sedikit sekali.
Penyebab terbanyak biasanya karena produksi dari testis (tempat pembuatan sperma) ada gangguan, dapat juga karena keadaan misalnya adanya sumbatan yang tidak sampai keadaan azoospermia (jumlah sperma = 0).
Untuk penyebab memang harus dilakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik yang teliti untuk mengetahui penyebab yang mungkin mempengaruhi keadaan cryptozoospermia.

2. Kalau ini merupakan pemeriksaan pertama analisa semen, biasanya disarankan diulang dalam waktu 2-3 minggu setelah pemeriksaan pertama sebagai 'initial assesment".

3. Peluang untuk membuahi secara alami tentu kalau ada sperma masih ada. Namun to the point ya, keadaan ini secara statistik sangat kecil karena jumlah sperma yang sedikit tidak dapat mencairankan cumulus oocomplexs yang tebal yg mengintari sel telur, dimana disetiap akrosom kepala sperma ada enzim hyaluronidase yang akan dikeluarkan oleh sperma-sperma secara bersama-sama untuk mencairkan agar ada satu sperma yang dapat menembus sel telur setelah cumulus dicairkan.

Saran saya : Teknologi reproduksi berbantu yg dapat membantu, yaitu ICSI.
Bagaimana proses dalam pembuahan alami, cIVF, ICSI dapat dilihat di CD Interaktif Teknologi Reproduksi Berbantu atau juga lihat di youtube.
Demikian pak, semoga cepat dapat momongan.


Salam,



Anton Darsono Wongso
-----------------------------------

1 komentar: