Senin, 30 Mei 2011

Tidak Keluar Sperma

Cantix : saya mau bertanya....saya sudah menikah sekitar 2th tapi belum mempunyai keturunan. . setiap berhubungan suami saya tidak pernah mengeluarkan spermanya...bagai mana solusinya trimakasih

Dear bu Cantix,

Selamat siang juga, bila pasangan yg sudah menikah dan melakukan hubungan intim secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi setelah 1 tahun belum juga memiliki keturunan maka dikategorikan sebagai pasangan infertil.
Untuk pasangan infertil, bagi pihak istri dapat berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter spesialis Kandungan khususnya konsultan fertilitas dan endokrinologi (KFER) dan pihak pria ke dokter spesialis Andrologi.
Mengenai sperma yang tidak keluar pada saat hubungan intim, mungkin yang bu Cantix maksudkan tidak keluar semen (air mani) yang kita kenal dengan istilah "Aspermia" ada beberapa kemungkinan :
- Sperma diproduksi di testis dan dikeluarkan bersama-sama dengan cairan dari kelenjar seks aksesori pria (male acessories gland) namun tidak disemprotkan ke urethra (jalur yang normal) tetapi ke arah kandung kemih. Cara mengetahuinya : suami dapat merasakan ejakulasi, setelah itu penis akan lemas (flaccid), dan ketika buang air kecil, urine terlihat keruh yang kalau di cek lab akan terlihat sperma dibawah mikroskop. Ini dikenal dengan istilah Ejakulasi Retrograd.
- Adanya sumbatan di duktus ejakulatorius sehingga ejakulasi hanya berupa tetesan saja yang berasal dari kelenjar prostat, kelenjar cowper dan litter. yang bila diukur dengan kertas pH akan didapatkan pH asam (biasanya 6 atau kurang dari 6). Ini disebut obstruksi duktus ejakulatorius.
- Mungkin saja suami mengalami ejakulasi retarda, yaitu ejakulasi yang sangat lama. Diketahui dengan dilakukan masturbasi atau dilakukan dengan menggunakan vibrasi atau juga setelah beberapa kali hubungan akan keluar ejakulat.
Saran saya, sebaiknya diperiksakan ke dokter spesialis Andrologi yang berpraktek di kota tempat tinggal bu Catntix dan suami agar dapat diagnosis dan diberikan terapi secara tepat selain juga untuk menangani masalah infertilitas pria.
Demikian bu Cantix. Bila ada hal-hal yang kurang jangan sungkan untuk berkorespodensi.
Terima kasih.



Salam,



Anton Darsono
------------------

2 komentar:

  1. anre : saya lelaki 28 tahun baru menikah sebulan,,yg saya bingungkan selama ini hubungan terkadang keluar sperma, adakalanya meski sudah sejam saya hubungan tidak keluar sperma sampai di sisi lain, penah dalam satu minggu saya empat kali hubungan tapi sulit tuk keluarkan sperma,,tiba tiba saat hubungan penis saya lemah,,kenapa yah dok,,,faktor apa penyebabnya,,seperti ada yg tersumbat,,yah,,terimakasih sebelumnya dok,,,???

    BalasHapus