Minggu, 29 Mei 2011

Hubungan ke 2, Payah

Dedi : selamat pagi dok, saya mempunyai keluhan, kenapa pas saya sedang ingin bercinta dengan istri, saat saya nafsunya tinggi cepat keluar begitu, padahal saya masih mau lagi, akan tetapi pas sudah keluar mau berhubungan intim yang kedua kalinya tidak kuat, sampai-sampai saya dibilang payah.

Pak Dedi, siklus respon seksual baik pria maupun wanita terdiri dari fase excitement, plateau, orgasm, dan resolution. Ada perbedaan nyata antara respon seksual pada pria yang berbeda dengan wanita. Salah satu perbedaan signifikan ada pada fase resolution, pada pria ada masa refrakter (refractory period) yaitu waktu minimal yang diperlukan antara setelah fase orgasme dan untuk dapat ereksi kembali / melakukan hubungan intim berikutnya.
Ada beberapa pendapat mengenai masa refrakter pada pria :
- Mekanisme inhibisi persarafan jangka pendek yang di picu oleh ejakulasi.
- Jalur kimia (chemical pathway) antara midbrain dan hipotalamus yang terjadi inhibisi pasca orgame.
- Hormon prolaktin yang disekresi oleh hipofisis anterior mungkin sebagai sakler pemutus secara biologis (biological switch off) yang akan menginduksi terjadinya masa refrakter.
Diperlukan pendidikan seks agar pria dan wanita mengerti respon seksual yang normal terjadi misalnya melalui kursus perkawinan sebelum menikah, sehingga jangan sampai ada kata ‘payah’ yang tentunya akan memberikan efek negatif bagi pak Dedi terhadap hubungan intim kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar