Sabtu, 08 Oktober 2011

Keluar Darah Setiap Hub Intim

Lisda : Dok saya mau nanya, saya seorang ibu rumah tangga punya anak 20 bulan, habis melahirkan saya suntik KB. Setelah suntik KB datang bulan saya tidak teratur dok. Sudah 2 bulan ini setiap saya berhubungan intim beberapa saat kemudian keluar darah dok, berbahayakah itu dok.

Setelah berhubungan intim selalu berdarah pada vagina perlu diperhatikan warna darah yang agak kecoklatan, menggumpal atau darah segar.
Bila yang keluar adalah darah segar dan selalu keluar setelah berhubungan, maka kemungkinan terbesar adalah trauma pada saluran vagina pada saat berhubungan. Untuk menghindari hal ini, lakukanlah foreplay yang lebih lama saat akan berhubungan intim sehingga vagina terlubrikasi dengan baik, bila kurang masih belum mencukupi, dapat menggunakan pelumas buatan.
Adanya darah setelah berhubungan intim harus selalu diwaspadai, karena dapat merupakan salah satu tanda adanya kelainan pada mulut rahim (serviks). Adanya erosi (luka) pada mulut rahim, polip pada mulut rahim, infeksi pada vagina (vaginitis) yang membuat dinding vagina tipis atau pun cervicitis (mulut rahim terinfeksi) atau hanya masalah hormonal saja yang menjadi penyebab masalah anda. Selain, kemungkinan yang paling berbahaya adalah kanker mulut rahim (serviks).
Jangan anggap masalah yang anda derita, sebaiknya bu Lisna berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk pemeriksaan yang lebih seksama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar