Sabtu, 08 Oktober 2011

Setelah Hub, Haid Teratur

Fina : Siang dok, saya mau tanya, saya belum punya anak. Kenapa setelah saya berhubungan intim dengan suami haid saya selalu datang, padahal sebelumnya saya sudah telat datang bulan. Apa itu terjadi karena sering berhubungan, tolong solusinya dok. Terimakasih.

Haid (menstruasi) merupakan pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan perdarahan dan terjadi secara berulang setiap bulannya, kecuali pada saat kehamilan dan menyusui. Siklus Menstruasi diregulasi oleh hipotalamus, kelenjar-kelenjar endokrin (termasuk hipofisis, adrenal, dan ovarium) dan rahim.
Dari penelitian yang ada diketahui bahwa berhubungan intim secara teratur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, pria dan wanita. Manfaat hubungan intim akan terlihat dari kehidupan keseharian pasangan suami-istri. Mereka yang berhubungan intim secara teratur akan terlihat sehat dan harmonis.
Semakin reguler dalam berhubungan intim maka akan semakin banyak hormon endorfin dan menurunkan stress. Hormon endorfin adalah hormon untuk menghilangkan rasa sakit, biasa juga disebut hormon kebahagiaan. Berhubungan intim adalah cara mudah untuk melepaskan ketegangan dan stres.
Wanita yang teratur berhubungan intim dengan pasangannya minimal sekali seminggu akan memiliki siklus haid yang lebih teratur, demikian hasil penelitian dari ahli endrokrin (hormon).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar