Sabtu, 08 Oktober 2011

Sifilis

Selamat pagi Dok, saya mau nanya kemaren saya ada masalah dengan kelamin saya yang kata orang tuh namanya sipilis. Saya mau nanya ke bagian organ manakah sipilis itu menyerang dok soalnya setelah saya cek kok mani saya jadi encer, mohon sarannya dok dan mungkin saya boleh datang langsung ke tempat dokter. Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

Syphilis disebabkan oleh Treponema pallidum. Syphilis memiliki empat tahapan penyebaran infeksi pada manusia :
Syphilis primer : terjadi sekitar 3 minggu hari setelah terinfeksi. Timbul luka yang tidak nyeri di penis yang disebut “chancre”.
Syphilis sekunder : terjadi beberapa bulan setelah tahap pertama. Gejala berupa kelainan kulit bercak kemerahan tidak gatal, terutama pada telapak tangan dan kaki. Ada pembesaran kelenjar getah bening di seluruh tubuh.
Syphilis laten : tidak ada keluhan ataupun gejala selama beberapa tahun (Centers for Disease Control, 2006), namun infeksi berlanjut menyerang bagian tubuh lainnya. Kondisi ini hanya dapat diketahui melalui pemeriksaan darah.
Syphilis tersier : sekitar 30 % individu yang tidak mendapatkan pengobatan adekuat akan memasuki syphilis tersier (Augenbraun, 2000). Timbul 5 - 25 tahun setelah tahap syphilis sekunder. Terdapat kerusakan pada alat tubuh penting yang menetap seperti otak, pembuluh darah dan jantung, serabut saraf dan sumsum tulang belakang.
Penanganan syphilis merupakan kompetensi Venerologist, sedangkan keluhan air mani (spermatologi) merupakan kompetensi saya sebagai Andrologist.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar