Kamis, 14 Juni 2012

Ingin Kehadiran Buah Hati


Assalamu’alaikum dok, saya mau tanya kenapa ya saya sudah nikah selama 19 bulan belum dikaruniai momongan padahal saya dan suami saya menginginkan kehadiran buah hati. Umur saya 19 tahun sekarang, pas sesudah nikah saya pakai KB yang 1 bulan itu tapi sekarang saya sudah tidak KB dan haid lancar. Dok gimana caranya cepet punya momongan ? Terima kasih dok.
Walaikumsalam wr.wb, yntuk hamil hanya dapat terjadi ketika masa subur, untuk menghitung masa subur sebaiknya ada setidaknya ada 6 bulan catatan mengenai haid. Bila siklus haid teratur (28 hari) : hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1, masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid. Bila telah memakai KB sebelumnya, biasanya tidak langsung setelah lepas KB langsung hamil memerlukan waktu beberapa bulan untuk mengembalikan kesuburan.
Pihak pria  mutlak harus memiliki sperma yang baik secara kualitas dan kuantitas (konsentasi yang cukup, motilitas / gerak sperma yang gesit, bentuk sperma normal dalam range normal serta tidak ada parameter lain yang dapat mengganggu) dan pihak wanita ada sel telur yang dikeluarkan pada fase ovulasi (masa subur), saluran telur dapat dilewati oleh sperma dan sel telur, rahim dengan bentuk normal, dinding endometrium yang cukup tebal, serta tidak ada gangguan dalam sistem reproduksi.
          Hal – hal yang perlu diperhatikan agar anda dan suami cepat  dikaruniai momongan :  menurunkan berat badan bila obesitas / berat badan berlebihan, menghentikan kebiasaan merokok, alkohol, penyalahgunaan obat-obatan, menghindari zat-zat toksik (pestisida, logam berat), konsumsi makanan bergizi (gizi seimbang), bila ada infeksi saluran reproduksi pria (MAGI) atau flour albus pada wanita segeralah berobat, dan perhatikan masa subur untuk hubungan intim seperti perhitungan diatas.
          Bila dalam 6 bulan sampai 1 tahunbelum juga dikarunia momongan, sebaiknya dilakukan pemeriksaan ke dokter yang menangani reproduksi untuk mengevaluasi kesuburan pasangan suami-istri, yaitu bagi pria ke dokter spesialis Andrologi dan wanita ke dokter spesialis kandungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar