Rabu, 13 Juni 2012

Puting Susu Agar Keluar


Siang dok, saya Lina (20 tahun), bulan depan saya mau menikah, tapi saya malu dok, payudara saya putingnya yang sebelah kanan datar, tapi yang sebelah kiri masuk ke dalam dok. Gimana caranya supaya puting payudara saya bisa keluar dok, mohon solusinya.
          Selamat siang, bu Lina. Puting payudara tak ada yang sama. Masing-masing memiliki ukurannya sendiri. Beberapa orang bahkan memiliki puting yang masuk ke dalam, bukannya ke luar. 
          Kondisinya normal  puting payudara adalah  mencuat ke luar, tetapi jika puting payudara anda masuk  ke dalam, sebaiknya dilakukan pemeriksaan ke dokter. Salah satu indikasi kanker payudara adalah kondisi puting yang masuk ke dalam. Kanker payudara tidak harus berupa benjolan yang teraba langsung (walaupun jika ada benjolan bisa lebih mudah terdeteksi). Pemeriksaan lebih dini sangat bermanfaat karena semakin dini kanker tersebut terdeteksi, semakin cepat proses pengobatannya bisa dilaksanakan.
          Bila tidak ada keganasan, keadaan putting payudara yang datar maupun masuk ke dalam akan membuat mbak Lina bila sudah memiliki bayi akan mengalami kesulitan menyusui.
          Cara supaya  puting payudara anda agar bisa keluar (menonjol) adalah dengan menekan bagian belakang daerah areola dengan ibu jari dan telunjuk, sehingga kedua jari membentuk bulatan. Tekan hingga puting susu keluar dan tahan keadaan ini selama beberapa menit. Anda bisa melakukan hal ini dua kali selama 6 menit. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

    BalasHapus
  2. Sore dok, saya Arifa (28 tahun), di umur saya yang sudah matang ntuk menikah. Kenapa ya puting payudara saya tidak menonjol dan kira2 apa penyebabnya puting payudara saya tidak menonjol ya dok ? Apa, d'karenakan hormon saya yang memank kurang ataw karena saya jarang olahraga ma makan sayur and buah ya jadi kurang asupan serat juga ya dok. Mohon, solusinya.

    BalasHapus