Kamis, 14 Juni 2012

Sperma Bercampur Darah


Assalamu’alaikum dok, saya mau nanya, kenapa setiap melakukan hubungan intim sama istri sperma saya keluar darah pas terakhirnya, apakah berbahaya ? Bisa diobati ? Apa nama obatnya ? Terimakasih.
          Walaikumsalam wr.wb, Pak. Secara fisiologis / normalnya di dalam air mani (semen) tidak mengandung adanya darah, baik yang terlihat secara kasatmata maupun di lihat dibawah mikroskop. Adanya komponen darah di semen mengindikasikan adanya pembuluh darah yang pecah di saluran reproduksi (mirip seperti mimisan di hidung). Keadaan ini disebut “Hematospermia”.
         Hematospermia paling banyak terjadi tanpa ada penyebab organik (penyakit) misalnya pria yang puasa lama hubungan intim melakukan hubungan intim dengan "excited" sehingga tekan dalam saluran reproduksi yang meningkat sangat tinggi ketika akan ejakulasi yang dapat memecahkan pembuluh darah kapiler  saluran reproduksi pria.
          Penyakit organik yang dapat menimbulkan hematospermia misalnya infeksi kelenjar aksesori pria (MAGI) baik oleh kuman yang ditularkan melalui hubungan seksual / ataupun bukan akan menyebabkan iritasi, inflamasi maupun dinding saluran reproduksi yang "lebih rapuh /getas" , selain adanya infeksi perlu selalu di waspadai walaupun kasus / angka kejadiannya sangat sedikit sekali terutama pada pria usia lanjut yaitu adanya keganasan pada kelenjar prostat.
          Dikatakan MAGI (male accessory gland infection) bila lekosit diatas 1 juta/ml yang  menandakan adanya infeksi di saluran reproduksi pria. Untuk  membedakan dengan sel-sel lain yang ada dalam semen dilakukan prosedur kimia histologi (immunohisto cytochemical)  untuk mengidentifikasi enzim peroksidase yang menandakan lekosit PMN. Tehnik ini memiliki kelebihan karena mudah dilakukan, namun tidak dapat mengenali lekosit aktif yang telah melepaskan granulnya ataupun jenis lekosit yang lain seperti limfosit yang tidak mengandung peroksidase.
          Biasanya dilakukan abstinentia (puasa hubungan seksual) untuk beberapa waktu, bila terjadi MAGI yang dapat dilakukan adalah diobati dengan menggunakan antibiotika yang cocok / sesuai dengan hasil kultur semen & resistensi antibiotik, diberikan obat pembeku darah dan bila didapatkan keganasan di prostat maka penanganan sesuai dengan SOP kanker prostat.



5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Assalamu’alaikum dok, saya mau nanya, Kemarin sekitar bulan november saya pernah kena sipilis, karena penyakit itu, saya jadi gak berani main - main lagi.
    Alhamdulillah sampai kemarin saya dah sembuh. Tiap berhubungan batin sama istri saya selama ini normal - normal saja. Tapi, pas kemarin waktu saya berhubungan dengan istri saya, kok sperma saya ada darahnya sedikit?
    Padahal saya dah gak pernah main - main lagi.
    Tolong penjelasannya ya dok. Terimakasih

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus