Kamis, 14 Juni 2012

Keputihan


Assalamu’alaikum dokter, saya mau tanya, kenapa sudah merit 4 bulan tapi istri saya blm bisa punya anak ? Dan setiap kami berhubungan, besoknya vagina istri keluar keputihan dan baunya ga enak, apa ya penyebabnya ? 
          Walaikumsalam wr.wb, Pak. Normal kumulatif pregnancy rate setiap bulan pasangan normal adalah 15 %. Bila masih 4 bulan dan tidak ada riwayat masalah kesehatan reproduksi  baik anda dan isteri maka belum dapat dikategorikan infertilitas. Infertilitas adalah masalah pasangan suami istri (pasutri) yang dihadapkan kepada kesukaran untuk ingin punya anak (IPA). Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah infertilitas yang biologis yaitu bilamana pasutri yang bersangkutan dihadapkan pada kesukaran IPA minimal selama 1 (satu) tahun.
          Biasanya pada keadaan normal / fisiologis tidak ada bau amis atau busuk. Keadaan diatas dimungkinkan adanya infeksi yang bila hanya terjadi sesudah ejakulasi cairan air mani ke dalam vagina maka kemungkinan besar berasal dari air mani pihak pria.  Bau khas air mani (semen)  seperti bunga akasia yang berasal dari oksidasi spermin (suatu poliamin alifatik), bila ada bau amis atau busuk dimungkinkan adanya leukospermia.
          Di tubuh wanita terdapat senyawa copulin yang merupakan senyawa bau badan wanita paling tajam yang juga banyak terdapat dalam getah vagina. Jika diurai, senyawa copulin berisi tiga jenis asam, yakni asam asetat (acetic acid), asam propanoat (propanopic acid) dan asam butanoat (butanoic acid), bau tersebut normal. Namun, perlu diperiksakan juga pihak isteri, karena bila salah satu pasangan mengalami infeksi maka dapat saling mentransmisikan ke pasangan seksual.  Keadaan - keadaan yang dapat menyebabkan bau seperti infeksi bacterial vaginosis, trichomoniasis.
          Untuk lebih meyakinkan anda akan asal bau yang ada sebaiknya dilakukan pemeriksaan ke dokter, pemeriksaaan penunjang bagi pihak pria pemeriksaan analisis semen dan wanita pemeriksaan sekret vagina.





1 komentar:

  1. selamat malam dok. Saya mau tanya juga...setatus saya mash bujangan alias blm menikah...gni dok pertanyaan saya. Saya sering sekali mengocok kelamin saya waktu di kamar mandi. Biasanya 3hari sekali injekulasi setiap 3hari tersebut saya mengocoknya. Nah 2hari yg lalu saya melakukanya lg. Tp kenapa ya seperma saya bercampur merah kecoklatan gt..dan saya mash bertrut2 melakun setap 3hari sekali..mohon pencernaanya dokter..penyakit apakan ini dan apa obatnya dok. Terimakasih

    BalasHapus