Jumat, 15 Juni 2012

Sakit Waktu Mau Keluar Sperma


Assalmu’alaikum dok, saya seorang pria berusia 40 tahun, punya 2 istri. Masalah saya, disaat berhubungan intim dan waktu mencapai klimaks keluar sperma dari penis itu terasa sakit, kira-kira apa penyebabnya dan harus berobat kemana ?.
          Walaikumsalam wr.wb, Pak.  Normal ejakulasi dapat dibagi menjadi  2 tahap, yaitu :  (1). Phase Emisi. Emisi dipicu oleh sistem saraf otonom daerah T10-12 dan  L1-2 dari sumsum tulang belakang, sehingga timbul kontraksi dari otot – otot vas deferens (saluran sperma), prostat dan vesika seminalis dan menyebabkan berkumpulnya semen (cairan sperma + spermatozoa) di urethra; dan
(2). Phase Ejakulasi. Aktifnya otot somatis  daerah pinggul bawah dan penis disertai menutupnya katup dari kandung kencing, menyebabkan terdorongnya sperma dari urethra keluar.
          Macam disfungsi ejakulasi, dapat dibagi menjadi : (1). Ejakulasi dini  (premature ejaculation); (2). Ejakulasi ke dalam (retrograde ejaculation); (3). Ejakulasi terhambat / tidak ejakulasi (delayed ejaculation / an ejaculation) dan (4). Rasa nyeri waktu ejakulasi (painful ejaculation). Yang anda alami disaat berhubungan intim dan waktu mencapai klimaks keluar sperma dari penis itu terasa sakit merupakan gangguan ejakulasi no. 4 yaitu “painful ejaculation / nyeri ejakulasi”.
          Nyeri ejakulasi merupakan perasaan panas sampai nyeri didaerah perineum, urethra dan ujung urethra / penis yang terjadi pada saat ejakulasi atau sesaat setelah ejakulasi. Penyebab biasanya karena : (1). Sering karena adanya infeksi daerah kandung kemih, kantung cairan sperma (vesica seminalis), prostat dan saluran kencing (urethra); dan (2) Gangguan syaraf (neuropathy) seperti pada kencing manis.

2 komentar:

  1. ini pernah dirasakan teman saya..dan apakah ini ada juga pengaruh dari varicocle..yaitu pelebaran pembuluh darah kayak cacing di buah pelir sebelah kiri...

    BalasHapus
  2. cara penyembuhanya minum obat apa ya..? mohon bantuanya..terima kasih

    BalasHapus