Jumat, 15 Juni 2012

Onani, Puber & Sperma


Assalamu'alaikum dok, saya Rey, 17 tahun. Saya suka onani sedri kecil, apa pertumbuhan sel sperma atau puber saya akan mengalami gangguan dok? Saya takut barangkali sperma saya habis atau gangguan puber akan berbeda. Minta bantuanya ya dok. Thanks.
          Walaikumsalam wr.wb, mas Rey. Adalah wajar pada pria muda seperti anda memiliki gairah tinggi dan  melakukan onani (masturbasi), hal ini dapat terjadi karena seorang pria muda memang kesehatan dan hormon androgennya sedang pada posisi puncak.
          Air mani / semen terdiri dari sel  yaitu spermatozoa, cairan berupa seminal plasma dan sel-sel lain (immature germ cells, leukosit, epitel, dan lain sebagainya) dengan volume yang bervariasi antara satu individu dengan individual lain.  Asal semen dan proporsi masing – masing komponen semen yang berasal dari testis  (sperma) sekitar 5 %, vesika seminalis sekitar 46 - 80 %, prostat 13 - 33 %, kelenjar bulbourethra dan urethra 2- 5 %.
          Bila terlalu sering melakukan masturbasi maka dalam jangka pendek memang akan terjadi penurunan parameter sperma, namun ketika tubuh sudah dapat beradaptasi dengan hal tersebut maka parameter sperma kan kembali seperti semula. Mas Rey tidak perlu takut / kuatir sperma anda habis atau terjadi gangguan
puber.
Sperma seorang pria tidak akan pernah habis selama masa hidupnya, kecuali adanya gangguan/  penyakit yang diderita.


1 komentar: