Selasa, 12 Juni 2012

Pakai Kondom, Vagina Jadi Gatal


Siang dok, saya mau tanya, saya kemarin hubungan intim dengan suami
saya, suami saya pakai pengaman (kondom) lalu vagina saya terasa gatal
bangtt dok, kira-kira itu penyakit apa dan obatnya apa ya dok ?
          Selamat siang, Bu. Kondom merupakan salah satu pilihan bagi pasangan yang ingin menunda kehamilan.  Adanya keluhan yang anda rasakan berupa gatal di vagina dimungkinkan terjadinya alergi terhadap komponen bahan kondom yaitu karet (latex), pelumas, aditif, flavour, ataupun spermisida.
          Reaksi alergi terhadap kondom biasanya terjadi setelah beberapa menit / beberapa jam setelah pemakaian. Wanita yang memiliki alergi terhadap kondom, biasanya memberikan gejala-gejala seperti  adanya ruam, gatal di vagina, rasa panas seperti terbakar, bersin berulang kali.
          Lakukan percobaan dengan menggosokkan kondom yang dicurigai membuat vagina anda gatal di daerah lengan bagian dalam, lalu lihat apakah ada gatal-gatal di bagian lengan tersebut.
          Bila anda ingin mengontrol kehamilan, kontrasepsi kondom bisa diganti dengan alternatif lain seperti pil KB atau spiral (IUD).  Bila pilihan kondom tersebut untuk melindungi terhadap penularan penyakit seksual maka gunakan kondom tanpa pelumas dan non lateks (yang terbuat dari bahan polyurethane).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar