Sabtu, 09 Juni 2012

Keputihan Tidak Sembuh-sembuh


Siang dok, saya ibu rumah tangga, anak saya 3, kenapa ya dok penyakit keputihan saya nggak sembuh-sembuh. Vagina saya sebelah kanan gatal sekali kena cairan keputihan, warnanya putih encer tapi nggak berbau dan kalau saya berhubungan intim terasa sakit jauh di dada. Atas jawabanya saya ucapkan terima kasih. 08522174xxxx
          Selamat siang, Bu. Biasanya gejala keputihan (flour albus) berupa  cairan vagina menjadi kekuningan sampai kehijauan, berbau,  selain terasa gatal yang berlebihan. Jika terjadi keputihan, dokter akan melakukan pemeriksaan  genitalia dan  pemeriksaan laboratorium dengan cara mengambil sekret vagina untuk diperiksa.
          Bila dari hasil pemeriksaan sekret vagina didapatkan adanya leukosit yang banyak maka dokter akan mengadakan pemeriksaan silang dengan suami anda, dengan melakukan analisis semen di laboratorium Andrologi untuk mengetahui apakah leukospermia atau tidak, bila terjadi leukospermia akan dilanjutkan dengan pemeriksaan  kultur semen dan tes resistensi di laboratorium Mikrobiologi.
          Adanya penyakit keputihan yang tidak sembuh – sembuh, mungkin pengobatan yang diberikan tidak sesuai dengan penyebabnya, bila sesuai  maka kemungkinan sudah terjadi resistensi, tidak adekuat dan yang sering terjadi adalah pengobatan hanya bagi anda saja sehingga tidak pernah tuntas (fenomena ping-pong).
          Setelah pengobatan, untuk mencegah terulangnya keputihan sebaiknya :  selalu menjaga kebersihan alat  kelamin, biasakan membasuh vagina dengan gerakan dari depan ke belakang, cuci genitalia dengan air bersih setiap buang air kecil dan sebelum berhubungan intim, jangan berlebihan menggunaan larutan antiseptik khusus pembilas vagina, hindari terlalu sering memakai bedak talk, tissue berparfum di sekitar vagina, dan  hindari pemakaian celana dalam yang tidak menyerap keringat dan terlalu ketat.

2 komentar: