Sabtu, 09 Juni 2012

Miss V Nyeri, Pasca Histeroktomi


Selamat siang dok, saya mau tanya, pada tahun 2008 saya dioperasi, peranakan saya diangkat sebab saya ada kista. Nah yang jadi masalah, kini setiap main dengan suami vagina saya sakit seperti ditusuk jarum. Hingga sampai sekarang saya tidka berani bersetubuh sama suami saya. Tolong solusinya dok, terima kasih. 0857168xxxx
Histerektomi adalah operasi pengangkatan rahim. Histerektomi dapat total (menghilangkan corpus, fundus, dan leher rahim rahim) atau parsial (pengangkatan tubuh uterus tetapi meninggalkan tunggul serviks).
          Seks dengan cara penetrasi tidak direkomendasikan sampai ujung vagina telah sembuh selama sekitar  2 bulan pasca histerektomi. Pada masa ini anda dapat memfokuskan pada aktivitas lainnya seperti menyentuh genital bagian luar, memeluk, mencium, dan memijat. Waktu penyembuhan berbeda antara satu wanita dengan yang lain.
Kebanyakan wanita tidak pengalami perubahan apapun dalam aktivitas seksualnya pasca histerektomi. Namun, karena rahim adalah organ seks hormon-responsif reproduksi, dan indung telur menghasilkan mayoritas estrogen dan progesteron yang tersedia pada wanita usia reproduksi, maka bagi wanita yang belum menopause yang mengalami pengangkatan indung telur bersamaan dengan histerektomi dapat merasakan vagina kering dan tipis sehingga penetrasi menjadi tidak nyaman. Hal ini bisa diatasi dengan lubrikan berbahan dasar air, krim estrogen ataupun terapi sulih hormon.
Perubahan cara pandang wanita mengenai dirinya sendiri seperti yang anda alami dapat mempengaruhi hasrat dan kepuasan seksual. Saran : anda yang mengalami masalah dengan kehidupan seksual pasca histerektomi dapat menemui psikolog, konselor atau konsultan seks.






1 komentar: