Senin, 11 Juni 2012

Jengger Ayam, Bisa Sembuh ?


Pagi dok, saya mau nanya, saya punya penyakit tokso, dulu saya nggak tahu apa itu penyakit tokso. Awalnya saya biarkan saja tapi setelah hamil kok lama-lama makin keliatan seperti jengger ayam di vagina saya. Setelah keguguran jengger ayam jadi hancur tapi kalo diraba dengan tangan terasa kasar, setiap berhubugan saya juga merasakan agak sakit jika kena penis suami saya. Apakah itu bisa disembuhkan dok, apa bisa vagina saya normal kembali seperti dulu.
          Selamat pagi, Bu.  Penyakit kondiloma akuminata  menyebabkan muncul bentukan berbentuk benjol-benjol di daerah kelamin, modelnya menyerupai bunga kol, merah, konsistensinya agak lunak, tampak seperti jengger ayam. Penyakit ini merupakan penyakit infeksi menular melalui kontak seksual yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) yang menyerang kulit alat kelamin.
          Umumnya, penyakit ini hanya menyerang di bagian permukaan kulit sehingga pengobatan yang tuntas dimungkinkan. Saat ini, pengobatan yang dilakukan antara lain dengan menggunakan obat tincture pedofilin yang penggunaannya dengan cara diteteskan atau dengan menggunakan elektrokauter
          Faktor predisposisi berupa kebersihan organ kelamin dari lembab dan basah, kegemukan dan penyakit metabolik yang memudahkan mikro-organisme tumbuh di daerah organ intim misalnya diabates (kending manis). Kalau kegemukan, usahakan menurunkan berat badan, sedangkan jika karena penyakit metabolik maka perawatan dan pengobatan terhadap penyakit penyerta perlu dilakukan.
          Cara terbaik untuk mencegah infeksi virus adalah dengan menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar dengan pola hidup seimbang diantaranya cegah stres, hindari polusi, konsumsi makanan bergizi dan seimbang, cukup olah raga, cukup istarahat.

1 komentar: