Selasa, 12 Juni 2012

Lipatan Kulit Penis Sakit


Siang pak, saya mau tanya, kenapa ya setiap saya berhubungan dengan istri saya, pada bagian lipatan kulit penis terasa perih sekali. Saya belum sunat, karena penis saya seperti sudah disunat sejak umur 9 tahun, apa saya harus tetap sunat dok? Terima kasih.
          Selamat siang, pak Andi. Adanya perih sekali yang anda rasakan di bagian lipatan kulit penis mungkin terjadi peradangan pada kulit penutup depan (kulup)  penis yang dikenal sebagai posthitis. Posthitis sering terjadi bersamaan dengan peradangan bagian kepala (glans) penis yang disebut balanoposthitis.  Balanoposthitis merupakan peradangan  pada glans dan kulup penis secara bersamaan.  Balanitis dapat terjadi sebagai akibat adanya infeksi maupun bukan infeksi, yang paling umum adalah terjadi pada pria dengan kulup penis yang terlalu ketat (penyakit fimosis). Sehingga ketika berhubungan intim, terjadi gesekan dengan bagian yang meradang tersebut yang pada  akhirnya menimbulkan keluhan yang anda alami.
          Sunat  (khitan / sirkumsisi)  adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulup (kulit penutup depan)  penis. Manfaat sunat  bagi laki-laki adalah menghilangkan kotoran (smegma)  beserta tempat kotoran itu berada yang biasanya terletak dibagian dalam dari kulit terluar penis,  serta  sebagai petanda bahwa seorang muslim telah dewasa.
          Perlu atau tidaknya disunat, bila anda menderita fimosis merupakan indikasi medis sedangkan bila anda muslim merupakan indikasi agama. Umumnya  setiap pria yang normal memiliki  penutup depan (kulup) penis.
          Sebaiknya anda mengunjungi dokter yang terdekat dengan lokasi anda agar dapat dilakukan pemeriksaan terhadap penis anda.





1 komentar: