Selasa, 12 Juni 2012

Telat Haid Pakai Suntik KB


Siang dok, nama saya Sinta usia saya 33 tahun. Saya mempunyai anak 2 yang usianya 11 dan 5 tahun, saya mau tanya, setiap bulannya saya datang bulan dari tgl 18 sampai jatuh tempo tgl 24, yang saya mau tanyakan bulan ini saya blom datang bulan, apa kemungkinan saya hamil dok, padahal saya suntik KB tiap bulan ga pernah telat. Mohon jawabannya, sebelum dan sesudahnya terima kasih.
          Selamat siang, bu Shinta.  Belum tentu telat bulan maka anda hamil, bisa saja dari efek KB suntik.  Memang bila terlambat haid paling sering dihubungkan / dikuatirkan adanya kehamilan sebagimana yang anda risaukan. Normalnya, seorang wanita akan mendapat haid 10 - 11 kali per tahun. Namun pada sejumlah kasus, sejumlah wanita mendapat haid lebih sedikit atau bisa terjadi 2 hingga 3 bulan sekali.
          Terlambat haid disebut juga amenorea (tidak ada haid). Dikatakan amenorea jika seorang wanita tidak haid selama tiga kali berturut-turut. Selain kehamilan, ada beberapa hal yang menjadi penyebab amenorea sekunder, seperti : anoreksia, tumor otak, bulimia, menopause, kegemukan, sindroma ovarium polikistik, prolaktin tinggi, penyakit seksual, gangguan / infeksi rongga panggul, malnutrisi, olahraga berat, perokok berat, gangguan hormonal, obat KB, tumor hipofisis,  bertambah atau berkurangnya berat badan yang drastis.
          Perlu diingat bahwa menstruasi seringkali tidak teratur, kadang ada selang waktu beberapa bulan tidak haid. Untuk menjawab kekuatiran anda mengenai adanya kehamilan, anda dapat memeriksakan kadar beta-hCG darah maupun dengan test pack baik yang ditetes maupun yang dicelup dengan sampel yang berasal dari air seni.

1 komentar:

  1. Hi dok saya cristina umur 25th, saya seharusnya Bulan ini suntik tanggal 31 untuk Bulan ini tapi pada tanggal 25 saya sudah suntik terdahulu dan saya belum mens untuk Bulan ini. Apakah ini ada permasalahan buat saya dok?

    BalasHapus