Sabtu, 09 Juni 2012

Pakai Kondom, Hamil ?

Malam dok, saya mau tanya, berhubungan intim pake kondom bisa timbulkan hamil pasangan kita nggak. Mohon solusinya maksih. 08578267xxxx
          Kondom merupakan selubung / sarung  yang terbuat dari berbagai bahan diantaranya lateks (karet), plastik (vinil) atau bahan alami, yang berbentuk silinder / tabung  yang tidak tembus cairan dimana salah satu ujungnya tertutup rapat dan dilengkapi kantung untuk menampung sperma  dengan muaranya berpinggir tebal, yang digulung berbentuk rata.  Kondom yang beredar ada yang menggunakan spermatisid, ada juga yang tidak. Spermatisid yang digunakan biasanya nonoxyne-9 atau menfegol.
          Indikasi atau manfaat kontrasepsi kondom terbagi dua, yaitu manfaat secara kontrasepsi dan non kontrasepsi. Pemakaian kontrasepsi kondom akan efektif apabila dipakai secara benar setiap kali berhubungan intim. Pemakaian kondom yang tidak konsisten membuat tidak efektif. Angka kegagalan kontrasepsi kondom sangat sedikit yaitu 2-12 kehamilan per 100 perempuan per tahun. Untuk menambah efektifitas kondom sebagai alat kontrasepsi ditambahkan bahan  spermatisid yang berfungsi untuk membunuh sperma.
          Agar efektif pilihlah kondom yang berkualitas dan perhatikan cara pemakaian yang benar yaitu :  (1). pegang bungkus kondom dengan kedua belah tangan, lalu dorong kondom dengan jari ke posisi bawah, dan sobek bagian atas bungkus kondom; (2). dorong kondom dari bawah agar keluar dari bungkusnya, kemudian pegang kondom dan perhatikan bagian yang menggulung harus berada di sebelah luar;  (3).  pencet ujung kondom dengan ibu jari dan telunjuk agar tidak ada udara yang masuk dan letakan pada kepala penis;  (4). dalam keadaan ereksi, pasanglah kondom dengan menggunakan telapak tangan untuk mendorong gulungan kondom hingga pangkal;  (5). Setelah ejakulasi, cabut penis dari vagina ketika masih ereksi, dan tahan kondom di pangkal penis dengan jari agar kondom tidak lepas dan tidak meninggalkan semen di vagina.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar